Thursday, October 20, 2016

Manfaat Sirup Maple Bagi Kesehatan

Manfaat Sirup Maple Bagi Kesehatan

Manfaat Sirup Maple Bagi Kesehatan

Sirup maple yang biasanya sering digunakan dalam bentuk resep kue atau hidangan penutup ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Sirup ini umumnya dapat kita nikmati saat memakan pancake, karena sirup ini yang sering dituang sebagai topping di pancake. Adapun tingkat kepopuleran sirup ini telah sangat tinggi karena berbagai manfaat yang berguna bagi tubuh kita.

Kandungan yang terdapat di dalam sirup maple memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu banyak orang-orang yang mulai beralih menggunakan sirup maple sebagai pengganti gula untuk menerapkan pola hidup sehat dan menyehatkan tubuh. Manfaat sirup maple antara lain adalah :

1. Memiliki zat anti oksidan yang tinggi.
Terdapat paling tidak 24 jenis zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakkan pada sel-sel sehat tubuh (penyebab penuaan dini) serta da[pat digunakan sebagai antibodi agar tubuh kuat terhadap serangan penyakit dan menghambat kerusakan oksidatif di dalam tubuh.

2. Menyehatkan Pencernaan.
Sirup maple juga dapat menyehatkan organ pencernaan kita dengan melawan gangguan seperti sembelit, perut kembung, gas di dalam perut dan organ pencernaan lainnya. Hal ini yang membuat orang berpindah pola dengan mengganti penggunaan gula dengan menggunakan sirup maple.

3. Mencegah Kanker.
Dari penelitian yang dilakukan para ahli, telah ditemukan bahwa sirup maple yang ditambahkan ke cereal atau oatmeal ketika sarapan memiliki manfaat besar untuk menangkal penyakit kanker, osteoporosis, hingga masalah alzheimer (gannguan pada otak). Hal ini diakibatkan karena sirup maple mempunyai sebuah kandungan polifenol yang merupakan sebuah senyawa nabati yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh kita.

4. Menghambat Penuaan.
Sirup maple juga memiliki sifat zat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah dan menghambat berbagai tanda-tanda penuaan, terutama yang berasal dari radikal bebas. 

Manfaat Sirup Maple Bagi Kesehatan

5. Obat Pilek.
Sirup maple memiliki kandungan zinc dan mangan didalamnya dan zinc ini dapat membantu tubuh dalam proses meningkatkan sel darah putih, serta membantu mempertahankan tubuh dari serangan infeksi Zat mangan sendiri dapat berfungsi sebagai pelindung sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakkan.

6. Menjaga Kesehatan Hati.
Hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakkan hati adalah pola makan yang buruk, rasa stress yang berlebihan, kurang berolahraga dan polusi yang memicu terjadinya radikal bebas. Sirup maple murni memiliki kandungan yang kaya akan polifenol, antioksidan, vitamin, dan juga mineral sehingga dapat membuat fungsi hati yang lebih baik.

7. Mencegah Kerusakkan Sel Otak.
Sirup maple dapat membantu mencegah dua jenis protein di otak agar tidak menggumpal bersama. Ketika se-sel protein beta amyloid dan tau peptide secara tidak wajar dapat menutup dan berakumulasi memberntuk sebuah plak di otak yang dapat menjadi akar timbulnya penyakit alzheimer atau penyakit otak lainnya.

No comments:

Post a Comment